Mozilla Firefox merupakan jenis peramban ramatraya paling populer
Peramban web,
peramban ramatraya[1] atau (
Inggris:
web browser) disebut juga
penjelajah web, adalah
perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh
server web . Peramban web yang populer adalah
Microsoft Internet Explorer dan
Mozilla Firefox. Peramban web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan.
Ramat jembar (
wide web) sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai
Waring Wera Wanua.
[sunting]Sejarah singkat
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi
Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama
Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi
Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan
Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode
Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (
National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada
Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar peramban web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk peramban web-nya, yang disebut sebagai
Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara peramban web populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.
[sunting]Fitur web dan peramban web
Peramban web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Peramban modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya
perang peramban web, fitur-fitur Web dan perambanh web semakin cepat dikembangkan.
Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
"Small-Screen Rendering" ("penampilan pada Layar-Kecil") dari
Opera adalah suatu cara memformat ulang
halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah
ponsel, sekaligus operasi gulung (
scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.
Data berikut ini yang diperoleh onestat.com menunjukkan proporsi panguna yang menggunakan satu dari peramban-peramban utama. Data tersebut - yang dikumpul pada November 2004 - diperoleh dengan melihat
string agen pengguna 2.000.000 pengguna yang mengunjungi berbagai situs-situs web yang berbeda di 100 negara.
[1]
(Perlu diperhatikan bahwa statistik ini tidak dapat dijadikan pegangan untuk menunjukkan penggunaan sebenarnya karena adanya sesuatu yang dinamakan "pembohongan agen pengguna". Kadang-kadang peramban non-IE dikonfigurasikan untuk "berbohong" mengenai identifikasi mereka agar dapat mengakses situs-situs web yang akan memblokir mereka jika hal demikian tidak dilakukan. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Internet Explorer milik Microsoft sebenarnya sedikit kurang dominan daripada angka-angka yang ditunjukkan di bawah ini)
- Browser-browser berbasis Microsoft Internet Explorer: 88.9% (93.9% pada Mei 2004[2])
- Versi 7.0 : 1 % dari keseluruhan
Versi 6.0: 80.95% (69.3%) dari keseluruhan
-
- Versi 5.5: 4.18% (12.9%)
- Versi 5.0: 3.66% (10.8%)
- Browser-browser berbasis Mozilla (termasuk versi-versi terbaru Netscape): 7.35% (2.1%)
- Mozilla Firefox 0.10 (Preview 1.0): 2.79%
- Mozilla 1.x: 2.77%
- Mozilla Firefox 1.0: 1.79%
- Opera: 1.33%
- Versi 7.x: 1.29% (1.02%)
- Safari: 0.91% (0.71%)
- Agastya Web Browser: 0.2% (0.1,5%)
Dominasi Internet Explorer mulai jatuh dengan diperkenalkannya
browser Firefox. Sejak statistik di atas dikeluarkan, Mozilla Firefox telah mengambil pangsa pasar dari IE dengan cepat, dengan jumlah penggunanya meningkat hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari 6 bulan.
[3]
Statistik penggunaan berbeda banyak dari suatu situs ke lainnya. Contohnya Opera mempunyai bagian hampir 20% pada Wikipedia Rusia dan Norwegia.
0 komentar:
Posting Komentar