• Welcome To My Blog

    selamat datang para pembaca semuanya. selamat datang di Blogku Yang Unik dan menarik ini. Blog ini merupakan sebuah blog yang berisi tentang segala Hal tentang Komputer, bila anda kesulitan dalam mengerjakan komputer, anda bisa berkunjung kesini.oke! ...

  • Fajar Muhammad Farhan

    Fajar Muhammad Farhan, dialah sang pendiri Blog ini sekaligus CEO TheRealLivingDeal Company yang didirikan tahun 2008. dia juga adalah pembuat antivirus lokal yang cukup disegani oleh para penggemar IT yaitu Falisav Antivirus. Fajar Muhammad Farhan merupakan seseorang yang pintar dalam dunia komputer, suka mengotak-atik komputer. ingin tahu lebih lanjut tentang penulis? ...

  • Falisav Antivirus 2013 Ultimate

    apakah anda tahu tentang Falisav Antivirus? kebanyakan sebagian orang belum mengenal Falisav Antivirus. Falisav Antivirus merupakan Antivirus Indonesia Buatan Fajar Muhammad Farhan dari SMAN 1 Giri, Antivirus ini memiliki fitur Internet Protection dan Web Protection dimana kedua fitur ini digunakan untuk melindungi Situs Berita terbesar TheReaLivingDeal Company yang ada Di Indonesia. Ingin Download Antivirus ini dan ingin tahu lebih banyak?...

  • TheRealLivingDeal News

    inilah website terbesar dan terhebat dan nomor 1 di Indonesia inilah TheRealLivingDeal Company. perusahan berita terbesar yang dibanggakan oleh Indonesia dengan nama TheRealLivingDeal News. anda bisa mengunjungi website ini untuk mencari berbagai berita-berita unuik seputar Indonesia! klik www.TheRealLivingDeal.com .

Peramban web


Mozilla Firefox merupakan jenis peramban ramatraya paling populer
Peramban webperamban ramatraya[1] atau (Inggrisweb browser) disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web . Peramban web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer danMozilla Firefox. Peramban web adalah jenis perantara pengguna yang paling sering digunakan. Ramat jembar (wide web) sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai Waring Wera Wanua.

Daftar isi

  [sembunyikan

[sunting]Sejarah singkat

Peramban web pertama pertama bernama WorldWideWeb berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-ChampaignAmerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Peramban web tersebut dinamai Mosaic.
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar peramban web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk peramban web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara peramban web populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.

[sunting]Fitur web dan peramban web

Peramban web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Peramban modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang peramban web, fitur-fitur Web dan perambanh web semakin cepat dikembangkan.
Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
"Small-Screen Rendering" ("penampilan pada Layar-Kecil") dari Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.

[sunting]Peramban web menurut pangsa pasar

Negara-negara berdasarkan peramban web yang terbanyak digunakan pada 2011. Internet ExplorerMozilla FirefoxOperaGoogle Chrome.
Data berikut ini yang diperoleh onestat.com menunjukkan proporsi panguna yang menggunakan satu dari peramban-peramban utama. Data tersebut - yang dikumpul pada November 2004 - diperoleh dengan melihat string agen pengguna 2.000.000 pengguna yang mengunjungi berbagai situs-situs web yang berbeda di 100 negara. [1]
(Perlu diperhatikan bahwa statistik ini tidak dapat dijadikan pegangan untuk menunjukkan penggunaan sebenarnya karena adanya sesuatu yang dinamakan "pembohongan agen pengguna". Kadang-kadang peramban non-IE dikonfigurasikan untuk "berbohong" mengenai identifikasi mereka agar dapat mengakses situs-situs web yang akan memblokir mereka jika hal demikian tidak dilakukan. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Internet Explorer milik Microsoft sebenarnya sedikit kurang dominan daripada angka-angka yang ditunjukkan di bawah ini)
Browser-browser berbasis Microsoft Internet Explorer: 88.9% (93.9% pada Mei 2004[2])
Versi 7.0 : 1 % dari keseluruhan
Versi 6.0: 80.95% (69.3%) dari keseluruhan
Versi 5.5: 4.18% (12.9%)
Versi 5.0: 3.66% (10.8%)
Browser-browser berbasis Mozilla (termasuk versi-versi terbaru Netscape): 7.35% (2.1%)
Mozilla Firefox 0.10 (Preview 1.0): 2.79%
Mozilla 1.x: 2.77%
Mozilla Firefox 1.0: 1.79%
Opera: 1.33%
Versi 7.x: 1.29% (1.02%)
Safari: 0.91% (0.71%)
Agastya Web Browser: 0.2% (0.1,5%)

Dominasi Internet Explorer mulai jatuh dengan diperkenalkannya browser Firefox. Sejak statistik di atas dikeluarkan, Mozilla Firefox telah mengambil pangsa pasar dari IE dengan cepat, dengan jumlah penggunanya meningkat hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari 6 bulan. [3]
Statistik penggunaan berbeda banyak dari suatu situs ke lainnya. Contohnya Opera mempunyai bagian hampir 20% pada Wikipedia Rusia dan Norwegia.

[sunting]Catatan kaki

0 komentar:

Posting Komentar